2010 dirujuk sebagai tahun yang menarik bagi pelaku marketing. 10 tahun pertama pada abad 21 membawa permasalahan ekonomi, kehancuran perusahaan-perusahaan besar dan bencana ekonomi, juga merupakan sebuah dekade yang ditandai dengan perubahan dalam berkomunikasi, dari media tradisional ke sebuah percakapan seluas-luasnya yang mengalir lebih cepat dan lebih jauh dari yang dapat dibayangkan. Terimakasih kepada perangkat social networking; Twitter, Facebook, blogs, Youtube dan lain-lain. Berita dan informasi mampu menjelajah secara instan, dan itu artinya pelaku marketing memiliki kesempatan baru, dan cara-cara yang lebih menarik untuk mencapai konsumen.

Dengan perubahan ekonomi, budaya, politik dan kejadian lainnya, seperti kemajuan teknologi dan percakapan online secara global, berikut adalah 10 tren yang mempengaruhi semua area dari marketing, dari mulai periklanan hingga branding dan semua yang terkait di dalamnya, dan akan membentuk strategi marketing selama 2010 dan seterusnya:

1. Transparansi dan trust sebagai hal yang terpenting
Konsumen telah melalui banyak sekali kejadian negatif selama dekade sebelumnya, dan mereka tidak lagi menerima secara mentah-mentah semua hal yang dikatakan oleh pebisnis. Brand yang berkonsentrasi pada kejujuran dan keterbukaan dalam komunikasi marketingnya, akan menciptakan respon positif dari konsumen. Yang mana akan membawa kepada loyalitas dan ketergantungan terhadap brand. Membangun trust adalah hal yang terpenting untuk dilakukan di 2010. Dan sekali anda mendapatkannya, pastikan anda selalu menjaganya. Dalam artian, transparansi dan trust bukanlah hal yang berlaku sekali saja, melainkan merupakan usaha yang harus selalu dipertahankan.

2. Sedikit interupsi, lebih banyak pengembangan.
Hari dimana iklan dan pesan marketing yang diciptakan murni untuk tujuan mendapat perhatian dari konsumen, telah berakhir! Orang-orang berharap lebih banyak (atau dalam hal interupsi, menginginkan lebih sedikit) dari sekedar bisnis dan brand. Berikan mereka lebih banyak informasi dengan memastikan bahwa komunikasi marketing anda berguna dan memiliki arti bagi konsumen.

3. Berbicara tentang harga . . . .
Keruntuhan ekonomi yang muncul di dekade sebelumnya menyadarkan banyak konsumen. Daripada menghabiskan uang secara membabi buta, konsumen mulai mencari penawaran, menggunakan kupon dan secara aktif mencari harga terbaik untuknya. Ketika ekonomi mulai sembuh, perilaku tersebut tidak secara serta merta hilang. Bersiaplah untuk konsumen yang fokus kepada harga, dan jadikan harga brand anda bersaing dalam pertimbangan konsumen tersebut.

4. Tunjukkan! bukan katakan!.
Konsumen tidak mempercayai apa saja yang mereka dengar. Ya, dewasa ini para konsumen menjadi lebih skeptis, dan anda perlu membuktikan apa yang anda klaim sebagai keunggulan produk anda. Jangan hanya menceritakan kepada konsumen tentang prduk anda, bisnis, atau layanan anda. Tunjukkan pada mereka apa yang mereka dapat jika mereka membelanjakan penghasilan yang susah payah mereka dapatkan untuk membeli produk anda.

5. Sosial media tidak akan musnah, dan sangat penting untuk bergabung.
Twitter, Facebook, blogs, YouTube, dan perangkat lain pada komunitas sosial online tidak akan pergi kemanapun. Melainkan, perangkat-perangkat ini diadopsi oleh lebih dan lebih banyak orang di berbagai belahan dunia. Jika anda berfikir anda dapat menghindar untuk bergabung dengan mereka, anda salah. Dalam 2010, menjadi penting sekali bahwa bisnis anda bergabung dengan percakapan social web, dan anda harus dapat menarik konsumen di situs jejaring sosial tersebut. Berikan pada mereka konten yang luar biasa dan berinteraksilah dengan mereka sepenuhnya dengan memanfaatkan kekuatan social media.

6. Pesan pembawa ketenangan sangat penting.
Konsumen telah melalui banyak sekali berbagai macam kejadian negatif selama beberapa tahun lalu, dari mulai guncangan perekonomian hingga bencana alam dan lebih banyak lagi. Saat ini, mereka secara aktif mencari pesan marketing yang dapat menciptakan ketenangan dalam fikiran mereka. Coba untuk mengkomunikasikan rasa aman dalam setiap usaha marketing anda untuk mencapai poin ini.

7. Jaringan relationship menguasai!
Dengan pertumbuhan web-based social media dan harapan untuk transparansi, trust dan pesan pembawa ketenangan, tidaklah mengejutkan jika jaringan relationship akan menguasai di tahun 2010 dan seterusnya. Social media memungkinkan untuk berinteraksi dengan semua manusia di berbagai belahan dunia dan membangun jaringan relationship yang sebelumnya tidak mungkin diwujudkan dalam satu dekade yang lampau. Ketika anda membangun jaringan relationship dengan konsumen, anda juga membangun satu kelompok yang loyal terhadap brand anda yang dapat menjadi sumber utama yang terkuat dalam marketing dari mulut-ke-mulut, pembela terhadap brand anda dan penjaga brand anda.

8.  Sedang panas-panasnya Online video dan mobile marketing.
Baik online video dan mobile marketing diciptakan untuk meledak, dan kita akan benar-benar menyaksikannya terjadi di 2010. Anda dapat membuat konten online video atau konten mobile anda sendiri, atau anda dapat menginvestasikan pada penyedia online video atau mobile advertising. Pilihan ada pada anda, tetapi tidak ada waktu yang lebih baik untuk melompat daripada sekarang!

9. Fokus, fokus, fokus!
Jangan mencoba untuk menjadi apapun dan siapapun di 2010. Brand terkuat adalah brand yang fokus. Sebagaimana dekade pertama dari abad 21, pelaku market dan pakar social media mulai meluangkan waktunya lebih dan lebih lagi untuk mengidentifikasi produk yang berfokus tinggi, website, blog dan sebagainya. Hari ini, strategi tersebut bahkan menjadi lebih penting lagi. Bangunlah pondasi yang kokoh dan jadikan sekuat mungkin sebelum anda mencoba untuk memperluas brand anda dan memiliki cabang di area-area yang baru.

10. Taktik marketing secara konsisten dan sungguh-sungguh.
Sangat penting bagi anda untuk mengepung konsumen dengan pesan marketing anda di tahun 2010. Jumlah komunikasi marketing yang dilakukan manusia perharinya sungguh luar biasa, jadi sangat penting untuk memastikan bahwa pesan anda tidak hilang di hiruk pikuk ini. Anda dapat membuat brand anda, bisnis atau pesan anda menonjol dengan mengepung konsumen anda dengan pengalaman brand dan biarkan mereka yang memilih manakah diantara pengalaman yang anda tawarkan, yang ingin mereka konsumsi. Sebagai contoh, pergunakan advertising online, video online, konten buatan sendiri, point-of-sale collateral, dan ads dengan pesan yang konsisten untuk melibatkan konsumen anda di bagian yang berbeda pada kehidupan mereka. Jika anda konsisten dan sungguh-sungguh, pesan anda akan menjadi lebih terhubung dengan target pendengar anda–meningkatkan brand awareness, pengakuan, pembelian dan loyalitas.

Disadur oleh Jagoan Hosting Indonesia dari situs entrepreneur.mobi, pengarang: Susan Gunelius, presiden dan CEO dari KeySplash Creative Inc., sebuah penyedia layanan komunikasi marketing dan konsultasi branding, pemilik WomenOnBusiness.com, sebuah komunitas blog untuk pebisnis wanita. Pengarang beberapa buku, termasuk Kick-ass copywrite di 10 Easy Steps, dipublikasi oleh Entrepreneur Press. Buku terbarunya, Building Brand Value the Playboy Way.

2 replies to this post

Leave a Reply





Loading Facebook Comments ...