Berikut adalah tutorial mengenai bagaimana cara melakukan backup database anda ke dalam file sql menggunakan phpMyAdmin.

Tutorial ditujukan bagi anda yang bermaksud untuk memindahkan database dari localhost ke hosting anda di Jagoan Hosting Indonesia. Tetapi bisa juga berfungsi bagi anda yang bermaksud melakukan backup database anda secara manual pada hosting anda.

Proses Backup melalui phpMyAdmin

1. Masuk ke phpMyAdmin di localhost anda

2. Pilih ‘Databases’ pada menu utama

3. Pilih nama database anda yang ingin dibackup

4. Layar berikutnya akan menampilkan semua tabel yang terdapat di dalam database anda. (Sebagai contoh, penulis menggunakan database wordpress). Abaikan, klik pada tab ‘Export’.

5. Semua tabel di database yang anda pilih akan ditampilkan dalam sebuah kotak. Untuk melakukan backup semua tabel, biarkan semua tabel terselect. Pastikan anda telah menandai pada pilihan SQL

6. Pada bagian STRUCTURE. Tandai pada kotak berikut:

7. Pada bagian DATA

8. Tandai pada pilihan ‘Save as file’, dan biarkan ‘template name’ sebagaimana mestinya.

9. klik ‘GO’, simpan ke direktori yang diinginkan. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses backup tergantung pada besar database.

10. Proses backup database telah selesai. Jika perlu, anda bisa mendownload sebuah backup di tiap format kompresi sesuai pilihan anda. Sebagai contoh: None dan “zipped”

Perlu Diingat – Melakukan backup database tidak termasuk melakukan backup file, folder atau gambar, dan data lainnya tetapi semua posting dan komentar-komentarnya (misal pada WordPress dan Joomla) sekarang telah aman.

Disadur dari situs resmi helpdesk wordpress: codex.wordpress.org

Leave a Reply





Loading Facebook Comments ...