Ketika diakses, situs Joomla anda menunjukkan blank page / white screen / halaman kosong.

Kenapa?

Blank Page dikarenakan terjadi PHP Error terhadap script anda. Bisa dikarenakan plugin, modul atau komponen yang tidak kompatibel, atau ada kerusakan dalam script anda. Pesan error tidak tampil dikarenakan fitur Error Reporting situs anda off. Nyalakan Error Reporting untuk mengidentifikasikan problemnya.

Bagaimana?

Untuk Joomla, anda bisa menyalakannya di administrator area situs anda.
1. Login admin > menu Global Configuration >  Server tab
2. Temukan settingan Error Reporting, ganti valuenya ke Maximum, klik Save.
3. Untuk mematikan, anda hanya perlu mengubah value dari Maximum kembali ke None.

Browse kembali ke home situs anda.

Menyalakan Error Reporting bukan begitu saja menyelesaikan masalah anda. Menyalakan Error Reporting hanya akan membuat server mencetak semua Error PHP, notice dan warning sehingga anda bisa mengetahui file penyebab error PHP, line mana yang menyebabkan problem, dan apa tipe errornya.

Dari info diatas, anda bisa mencoba untuk memperbaiki error code tersebut sendiri, mengontak web developer anda, atau melakukan uninstall terhadap komponen, plugin atau module yang bersangkutan. Cara yang paling umum untuk mengidentifikasi masalah adalah dengan melakukan searching dalam search engine semisal google dengan keyword error code yang ditampilkan. Pasti banyak forum webmaster yang membahas mengenai problem yang anda hadapi beserta solusi untuk menanganinya.

Pentingnya Mematikan Kembali Error Reporting

Error Reporting sangat berguna untuk melakukan troubleshoot aplikasi anda. Tetapi menampilkan php errors bisa dikatakan sebagai pedang bermata dua, karena:
1. Langkah ini bisa mengekspos informasi penting situs anda kepada hacker. Menyalakan Error Reporting akan menampilkan ekstensi apa yang telah anda install, PHP anda dan setting servernya, setting Joomla, dsb.
2. Setiap kali terjadi kesalahan setting variabel PHP, anda dan pengunjung situs anda akan mendapati errors dan warnings. Bahkan walaupun error tidak merusak situs anda, notices dan warningnya dapat mengganggu layout dan CSS validation anda. Pengunjung anda akan menemukan error dan warning yang tidak anda ketahui, dan secara langsung pasti mempengaruhi kredibilitas situs anda. Jadi, lebih baik Error Reporting settingnya dimatikan.

Semoga sukses

1 reply to this post

Leave a Reply





Loading Facebook Comments ...