Kini banyak bermunculan teknik-teknik pengambilan gambar / fotografi yang baru, unik dan kreatif. Salah satunya adalah Levitasi.

Teknik Levitasi pada dasarnya membuat subyek foto seolah melayang di udara tanpa menggunakan alat bantu.

Levitasi berbeda dengan teknik Jump Shot. Di mana dalam teknik Jump Shot, ekspresi wajah dan tubuh seseorang terlihat  melompat. Sedangkan dalam teknik levitasi, ekspresi model harus tampak natural. Sebab hal inilah yang kemudian menjadikan seseorang seolah sedang mengambang di udara.

Natsumi Hayashi merupakan salah satu ikon dari teknik levitasi. Dia dikenal sebagai “the floating girl from Tokyo” (atau terjemahannya gadis Tokyo yang bisa mengambang). Foto-fotonya yang sedang mengambang dimuat di website yowayowacamera.com dan menyebar luas ke seluruh dunia. Gaya berfoto Natsumi Hayashi kemudian banyak ditiru dan menjadi trend serta inspirasi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Inilah beberapa foto levitasi karya Natsumi.

natsumi-levitasi

Apabila anda ingin menjajal sendiri teknik ini, maka sebaiknya anda memperhatikan dulu tips-tips melakukan teknik foto levitasi berikut:

1. Teknik Levitasi dapat dilakukan dengan kamera professional (DSLR) atau kamera biasa seperti kamera ponsel dan kamera poket.

2. Foto levitasi dengan kamera DSLR bisa memanfaatkan Burst Mode (Continuous Shooting). Yaitu, dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto – foto hasil jepretan dengan Burst Mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan momen ‘melayang’.

3. Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-professional. Namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol saat model melompat.

4. Pastikan cahaya cukup agar bayangan terbentuk, sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.

5. Gunakan shutter speed yang tinggi untuk menangkap model yang melayang dengan lebih fokus (freeze motion).

6. Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi. Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.

Kunci dari foto levitasi yang baik adalah seberapa mulus anda seolah melayang di hasil jepretan. Kalau anda bisa tampak tetap elegan dan halus saat melakukan lompatan, dan momen tersebut berhasil ditangkap kamera, maka selamat, anda berhasil melakukan foto levitasi yang baik. Selamat mencoba ;-) [Andhi YR]

Sumber artikel:

http://www.pakbendot.com/2012/07/tips-cara-menciptakan-tehnik-foto.html

http://junantoherdiawan.com/tag/natsumi-hayashi/

p5rn7vb
1 reply to this post

Leave a Reply





Loading Facebook Comments ...
X

Gratis Ebook

Silahkan isi data berikut untuk mendownload :

Link Download akan dikirim melalui email

Cek Folder Inbox atau Spam email anda untuk mendapatkan link download dari kami.
Terima Kasih

GRATIS!! TIPS BISNIS ONLINE
Loading...
Loading...