Anda mungkin mendapati adanya parameter baru yang diterapkan pada paket Shared Hosting Indonesia kami. Namanya “Resource Limit”. Mungkin anda bertanya-tanya, “Apa fungsinya?”. Nah pada artikel berikut, kami akan mengulasnya. :-)

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa konsep dasar shared hosting adalah berbagi. Artinya, selain berbagi cost, kita juga membagi resource dengan user-user lain pada server yang saat ini kita huni. Resource server yang dimaksud disini adalah penggunaan CPU dan memory server untuk memproses setiap request yang masuk di website anda.

Permasalahan yang kerap kali muncul dalam konsep “berbagi” ini adalah penggunaan resource yang tidak merata. Suatu website bisa saja menggunakan resource berlebih hingga menimbulkan gangguan pada server. Bahkan bisa sampai diikuti downtime bagi user-user lain.

“Bagaimana menghindari penggunaan resource secara berlebihan” adalah masalah utama yang harus segera ditemukan pemecahan terbaiknya agar kenyamanan penggunaan server tidak terganggu seperti pada ilustrasi di atas.

“Resource Limit” nampaknya merupakan jawaban yang cukup potensial untuk menjadi pemecahan masalah penggunaan resource. Sebab dengan “Resource Limit”, kita bisa mengetahui berapa resource server yang telah digunakan website kita. Dan apakah paket hosting kita masih memungkinkan kita untuk menginstal modul tambahan pada website kita.

Berapa “Resource Limit” yang telah anda pergunakan bisa dicek pada masing-masing cPanel anda. Jika server shared hosting Indonesia anda telah diimplementasikan fitur ini, maka pada kotak status di sebelah kanan home cPanel anda akan tampil satu buah meteran stat bernama “Resource Limit”.

Apabila pada cPanel, anda mendapati meteran “Resource Limit” hampir berwarna merah, anda bisa mengurangi modul yang telah anda install. Atau melakukan upgrade paket untuk dapat menggunakan server yang lebih capable menangani request dengan resource yang lebih besar.

Besaran parameter “Resource Limit” ditentukan dengan banyaknya jumlah bintang. Semakin banyak jumlah bintang, maka server tersebut bisa menampung request resource yang lebih besar pula. Cek jumlah bintang tersebut di sini: http://www.jagoanhosting.com/hosting-indonesia

2 replies to this post

Leave a Reply





Loading Facebook Comments ...